Rabu, 25 November 2009

TCP (Transfer control Protocol) / IP (Internet Protocol)

sebagai pengguna internet, kita kerap mendengar nama TCP/IP, protocol jaringan yang paling banyak digunakan dewasa ini. seperti bahasa, protocol digunakan oleh dua komputer agar dapat saling bercakap-cakap. laiknya dalam dunia nyata, jika dua komputer tidak berbicara menggunakan bahasa yang sama, mereka tidak dapat berkomunikasi.

TCP/IP sendiri bukanlah nama sebuah protocol, melainkan nama yang diberikan kepada sekumpulan protocol jaringan yang telah digunakan untuk membangun jaringan global internet. protocol tersebut mengacu kepada protocol suite yang dikembangkan oleh DoD departemen pertahanan amerika serikat atau Arpanet.

TCP/IP tidak hanya digunakan di internet.mereka juga banyak digunakan untuk membangun jaringan pribadi yang disebut internet yang jadi terhubung dengan jaringan global internet. jaringan internet yang digunakan secara ekslusif oleh sebuah organisasi disebut juga dengan intranet.

dari namanya TCP/IP sudah merujuk pada dua protocol yang berbeda, yaitu Transfer control protocol dan internet protocol. terdapat beberapa protocol lain yang terkait dengan TCP/IP sebagian antaranya yang sering kita dengar seperti FTP, HTTP, SMTP, dan POP3. TCP/IP memiliki empat tingkatan, yaitu:
1. Application
2. Transport
3. Internet
4. Network Interface

Bersambung ......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong isikan pendapat anda mengenai artikel dalam blog saya .....
Thanks ya