Minggu, 29 November 2009

Semantic search engine

Berbeda dengan algoritma sebelumnya yang memperhitungkan popularitas dan rank dari keyword yang diketikkan, metode semantic search mencoba menampilkan hasil yang lebih informatif dengan cara mencoba memahami arti keyword.

contohnya jika anda mencari keyword "planet". tanpa kemampuan semantic search, sebuah search engine hanya akan mengeluarkan informasi yang mengandung kata "planet" dan walaupun search engine telah mengurutkan halaman pencarian berdasarkan popularitasnya tetapi halaman yang berisi "mars", "venus" atau nama planet lainnya tidak ikut dicari(walaupun sebagian bisa saja ikut tampil sebagai output karena berdekatan dengan kata planet) padahal bisa saja terdapat relevansi yang erat dengan tujuan pencarian anda.

anda dapat membayangkan semantic search engine mampu memberikan informasi seperti layaknya wikipedia. bedanya search engine memanfaatkan engine yang pintar dalam proses mengumpulkan dan memberikan informasi tersebut. baik search engine maupun wikipedia juga mampu menghasilkan informasi yang aktual, bedanya search engine melakukannya secara otomatis, sedangkan informasi dalam wikipedia harus diupdate manual oleh kontributronya.

semantic search engine sering disebut sebagai search engine masa depan, sebuah kecerdasan yang dapat membantu anda menarik informasi yang lengkap,tepat,dan cepat dari timbunan terabyte atau bahkan petabyte data. tetapi masa depan itu tampaknya tidak terlalu jauh, karena saat ini telah tampil beberapa search engine yang mulai mengarahkan enginenya untuk keperluan tersebut.

Bersambung.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong isikan pendapat anda mengenai artikel dalam blog saya .....
Thanks ya