Senin, 18 Januari 2010

Sistem Operasi dalam komputer

Pada dasarnya setiap mesin mempunyai sistem untuk mengoperasikannya. Banyak alat yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan sistem operasi.  seperti mobil, handphone, laptop, komputer, telepon dan lain sebagainya.

Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna mesin dengan perangkat keras yang dimiliki mesin tersebut. salah satu yang akan dibahas adalah mengenai sistem operasi yang dipakai pada komputer. sebelum ada sistem operasi orang hanya menggunakan komputer yang menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. dengan semakin berkembangnya pengetahuan dan teknologi, saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing.

Pengertian  sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Sistem operasi terdapat didalam sistem komputer, permesinan maupun dalam dunia militer. Fungsi mesin adalah mengerjakan sesuatu untuk menghasilkan sesuatau yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. agar mesin bisa berjalan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi manusia, maka mesin memerlukan suatu sistem pengoperasian.

Secara umum sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen kerja dan memuat metode kerja yang digunakan untuk memanfaatkan mesin, sehingga mesin dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan. Fungsi utama sistem operasi sebagai media interaksi manusia dengan mesin. yang berarti bagaimana manusia dapat memahami mesin dan sebaliknya. sehingga menjadi partner yang saling mengerti untuk melakukan suatu tugas tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong isikan pendapat anda mengenai artikel dalam blog saya .....
Thanks ya