Sabtu, 02 Januari 2010

Kehadiran 4G didunia

4G adalah singkatan dari fourth-generation technology. istilah 4G mengacu pada pengembangan telepon seluler.4G adalah pengembangan dari 3G (third generation technology). nama resmi teknologi 4G menurut IEEE adalah 3G and beyond.

Negara-negara pertama yang akan menikmati layanan 4G adalah beberapa negara di scandinavia (yaitu: Swedia dan Norwegia). 4G dikenal juga sebagai LTE (long term evolution). Operator Telia Sonera yang pertama kali mampu menghadirkan 4G diawal tahun 2010. Namun karena ponsel untuk mendukung 4G ini belum hadir maka teknologi 4G ini baru bisa dinikmati lewat modem.

Teknologi 4G berbasis LTE ini memiliki kecepatan 100 MB per detik, 10 kali lebih cepat daripada jaringan 3G. Teknologi tersebut didesain untuk menutupi jaringan 3G yang ada, dan sebagian besar operator berkomitmen meningkatkan sistem menjadi lebih cepat.

Dengan peningkatan ini, TeliaSonera mengatakan adanya percepatan teknologi jaringan yang berimbas pada konten aplikasi, termasuk game dan video atau film dilaptop.


1 komentar:

  1. mantap sekali teknologi 4G ini.
    semoga diindonesia cepat mengikuti perkembangan teknologi terbaru didunia.

    BalasHapus

Tolong isikan pendapat anda mengenai artikel dalam blog saya .....
Thanks ya